Tuesday, May 29, 2018

Review Film Perempuan Berkalung Sorban


Kategori : Abidah El khalieqy, Perempuan Berkalung Sorban
Sutradara : Hanung Bramantyo

Lama sekali ingin menonton film ini, sempat menonton namun tidak full.
Film ini luar biasa mendobrak pemikiran-pemikiran yang tertutup dan sempit "khususnya bagi para perempuan". Perempuan yang selalu terpojokkan, tersisihkan, mengalami posisi yang sering tak menguntungkan diperlihatkan dalam film ini. Film ini menurut saya mencerdaskan dan mendobrak pemikiran apa kata orang tua atau apa kata nenek moyang. Entah saya yang bodoh atau apalah, tapi menurut saya film ini film yang sangat berani disajikan untuk penonton, mungkin banyak hal yang nyeleneh dan aneh bagi beberapa orang yang menjunjung etika. Tapi, bagi saya yang memang berpikiran bahwa wanita itu bisa berdiri sendiri, tidak menggantungkan diri kepada orang lain, bisa meraih apa yang dicita-citakannya, bisa hidup dengan baik dengan kerja keras sendiri. Menurut saya film ini banyak hal positif yang bisa didapat.


"Setiap manusia itu punya mimpi, baik anda bergender laki-laki atau pun perempuan. Punya mimpi, harapan, dan cita-cita yang layak diupayakan untuk kehidupannya sendiri (sedikit menyinggung konsep yang diajarkan salah satu Dosen yang pintar ......... (hayo tebak) adalah hak bagi setiap manusia untuk memiliki ruang kebebasannya sendiri untuk berkembang."


Menonton film ini sedih, terharu, bangga, berani, berpikir berkali-kali tentang niatan suatu "menikah", kesalahan krn tidak cepat bertindak atas hal yang memang sdh jelas kita lakukan, jangan ragu." Untuk para pemerannya luar biasa penghayatannya, dan pasti bekerja keras sekali supaya bisa menyampaikan pesan film ini dengan baik.

Islam itu flexible atas aturan-aturan yang memang datang dari manusia. Manusialah yang membuat hal itu kaku apabila ia kaku, membuat ia flexible apabila ia memang kondisi yang mengharuskan demikian. 

Kebijakan itu dilahirkan atas apa yang kita lalui melalui pertimbangan yang banyak sekali.

Jangan semena-mena menyatakan bahwa sesuatu itu SALAH, sebelum ANDA mengukurnya berkali-kali, KARENA bisa jadi KESALAHAN ANDA lah yang membuat hal itu menjadi salah.


FILM INI REKOMENDED BANGETTT BUAT DITONTON...

No comments:

Post a Comment

Kutipan Ir. Soekarno Bapak Presiden RI Ke-1, Bapak Berkharisma, Pemimpin yang Disegani Dunia

  1.    1. Kita bangsa besar, kita bukan bangsa tempe. Kita tidak akan mengemis, kita tidak akan minta-minta apalagi jika bantuan-bantuan ...