Saturday, May 11, 2019

“Mamah”


 “Mamah”

Di bulan Desember ini tepatnya tanggal 22 dispesialkan buat ngucapin ucapan terima kasih ke mamah atas semua yang mamah kasih ke ai, teteh, dan aa.

Sebenarnya setiap hari adalah hari yang spesial buat inget sama mamah, apalagi ai jauh di Jakarta, sendiri dan udah lama banget jauh di sini sama mamah semenjak bapa ga ada.

Ai sangat bersyukur punya mamah yang sangat luar biasa buat ai. Mamah adalah panutan ai buat jadi wanita yang tangguh, wanita yang mandiri yang ga bergantung sama orang lain khususnya sama suami ai kelak. Itulah alasannya kenapa ai pengen sekolah tinggi dan fokus mengejar cita-cita ai, supaya sebagai wanita, ai ga direndahin.

Mamah adalah sosok wanita yang berani dan tangguh dalam menjalani hidup. Ai selalu mengambil pelajaran dari cerita-cerita mamah waktu kecil yang udah ga punya mama, yang udah sering jualan bantuin uwa yang hidup mengelana ke Pangandaran, Jakarta, Bandung, sampai akhirnya mamah nikah sama bapa.

Ai selalu belajar dari ketangguhan mamah dari kecil yang sabar dan berjuang buat jualan dari subuh sampai malam, sendiri di Sumedang, semenjak ai di Sumedang sendiri dan tinggal pindah-pindahan dari mulai ke rumah uwa iyah, wa yayar, dan lainnya. Ai jujur waktu itu ai kangen sama mamah ngerasa ditinggal, tapi ai juga sadar kalau mamah sama bapa lagi berusaha cari uang buat biayain ai dan teteh.

Ai bersyukur juga punya mamah yang setia dan sabar menghadapi bapa selama ini dengan begitu banyak kekurangan dan kesalahan bapa ke mamah. Dan mamah pada akhirnya mau memaafkan bapa dengan tulus, dan bahkan masih selalu mengingat dan merindukan bapa.

Ai bersyukur punya mamah yang selalu mendukung pendidikan anaknya dan memotivasi, meyakinkan ai untuk mengejar cita-cita ai. Walaupun sebenarnya secara materi keluarga kita ga mampu buat biayain kuliah, tapi dengan keyakinan, usaha dan kekuatan utamanya dari doa mamah dan bapa, Allhamdulillah ai bisa kuliah dengan beasiswa dan bisa melewati semuanya.

Ai juga bersyukur banget punya mamah yang udah ngelahirin dan mendidik aa, teteh, dan ai untuk menjadi adik kaka yang baik, akur, yang hatinya ga sulit, yang ga pelit sama orang lain, karena kita pun belajar dari mama dan bapa yang selalu berbagi sama orang lain dan menolong mereka.

Mamah adalah penguat ai, mamah adalah teladan ai, mamah adalah motivator ai, mamah adalah cita-cita ai. Selanjutnya setelah selesai kuliah di Jakarta. Cita-cita ai dulu mungkin S2 di luar negeri dengan beasiswa LPDP, namun setelah melihat mamah sakit-sakitan dan masuk rumah sakit dengan kondisi sampe ga bisa jalan, cita-cita ai berubah mah, ai ga mau lagi jauh dari mamah, ai bakal menyesal banget kalau ga bisa nemenin mamah dengan baik. Mamah yang udah ngerawat kami, dan berjuang buat aa, teteh, ai. Ai ga mau jauh dan malah nanti menyesal karena ga bisa ada di sisi mamah. Cita-cita ai selanjutnya yang utama setelah lulus adalah nemenin masa tua mamah, kerja di Bandung dan buat mamah dan keluarga bahagia.

Maafin ai ya mah, kalau dari kecil sampai sekarang ai nyusahin, ai banyak minta ini itu, ai anak yang pundungan, ai yang dulu sering komen makanan, ai yang masih buat mamah capek, khawatir, bahkan mungkin pernah nyakitin perasaan mamah, ai minta maaf yang sebesar-besarnya.

Mamah adalah mamah terbaik yang udah ngajarin ai banyak hal tentang perjuangan hidup. Semoga mamah sehat sealu, mamah jangan banyak pikiran dengan keadaan kami anak mamah, keadaan ai, teteh, aa, nanti gimana-gimananya kita semua anak-anak mamah kedepannya gimana serahin sama Allah, dan ada  Allah yang ngatur dan jagain. Mamah jangan banyak khawatir tentang masa depan kami nanti.

Mamah sehatin diri, mamah jaga pola makannya, mamah jangan kecapean dan lain-lain. Jangan banyak pikiran, beban, bebasin aja.

Semoga ai bisa bahagiain mamah, teteh, aa dan lainnya, ga berbuat hal yang memalukan buat keluarga. Semoga ai bisa menjadi wanita hebat seperti mamah, dan semoga ai, teteh, aa bisa menjadi anak yang sholeh-sholehah biar bisa jadi tabungan mamah dan bapa nanti di akhirat. Ai berdoa, semoga kita nanti sekeluarga dikumpulkan sama Allah di surga ya mah. Amin, juga bisa ketemu sama bapa lagi. Amin....


26 Desember 2018
Selamat hari Ibu ya Mah...
Maaf telat ngucapin.............*,*


No comments:

Post a Comment

Kutipan Ir. Soekarno Bapak Presiden RI Ke-1, Bapak Berkharisma, Pemimpin yang Disegani Dunia

  1.    1. Kita bangsa besar, kita bukan bangsa tempe. Kita tidak akan mengemis, kita tidak akan minta-minta apalagi jika bantuan-bantuan ...